Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Bahasa Arab Tentang Pendidikan Dan Artinya


Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab kali ini Admin akan memberikan Contoh Artikel Bahasa Arab tentang Pendidikan dan Artinya yang Admin terjemahkan sendiri dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, mudah-mudahan tulisan kali ini dapat meningkatkan kemampuan qira’ah kita.

Berikut di bawah ini Teks atau Paragraf bahasa Arab tentang Pendidikan dan Terjemahannya:

المُقَدِّمَةُ

يَحْتَـاجُ الإِنْسَـانُ لِلْعَدِيْـدِ مِنَ العَنَـاصِرِ فِيْ حَيَـاتِهِ، وَالَّـتِيْ تُعْتَبَـرُ رَئِيْسِيَّـة وَهَامَّـة فِيْ تَحْسِيْـنِ حَيَـاتِهِ، وَالاِرْتِقَـاءِ بِهَـا، وَنَهْضَتِـهِ هُوَ وَمُجْـتَمِعِهِ عَلَى حَـدٍّ سَـوَاءٍ، وَمِنْ أَبْـرَزِ هذِهِ العَنَـاصِرِ عُنْصُـرُ الـتَّرْبِيَةِ، وَالَّـتِيْ تُعْنِـيْ إِكْسَـابَ الفَـرْدِ كَافَّـةَ أَنْمَـاطِ الـتَّفْكِيْـرِ الإِيْجَابِـيَّةِ، وَالمَرجِعِيَّـاتِ الحَسَنَـة المُتَـوَارِثة سـواء الدينيّـة أم الاجتمـاعيّة، والتي يجب عليـه استعمالـها من أجل الـتصرّف في كافّـة المـواقف التي تواجهـه.
Pendahuluan
Manusia sangat membutuhkan aspek-aspek lain dalam hidupnya, aspeka-spek yang dianggap penting yang mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidupnya, serta mencapai kemajuan baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat. Diantara aspek-aspek tersebut yang paling utama ialah aspek pendidikan, pendidikan yang mampu membentuk pola pikir positif seseorang secara menyeluruh, dan mampu menjadikannya rujukan yang baik yang dapat diwariskan, baik itu dalam hal agama ataupun sosial, yang perlu dipakai dalam bertindak dan berperilaku sesuai kondisi yang dihadapinya.

أهمّيّة التربية للفرد والمجتمع
التـربية عنصـر هـامّ جـدّاً وفـعّال، سواء على المستـوى الفـرديّ وعلى المستـوى الجمـاعيّ، فـإن صلـح الفـرد صلـح المجـتمع، إذ إنّ المجـتمع عبـارة عن مجمـوعة من الأفـراد الذيـن يـرتبطون فيمـا بينـهم بعلاقـات مختلفـة وهامّـة، وللتـربية الحسنـة أهمّيّـة كبيـرة في العديـد من المجـالات نذكـر منهـا:
1.           تُسـاعد على تنشئـة جيـل حسـن الأخـلاق قـادر على التـعامل مع الإنسـان على أسـاس أنّـه إنسـان لا على أيّ أسـاس آخـر، ممّـا يرفـع ويـعلي من قيمـة المجتمـع كـكلّ، ويحسّـن صورتـه وسمعتـه أمـام المجتمعـات الأخـرى.
2.           تعطـي الفـرد قبـولاً واستحسـاناً بيـن مجموعـة الأفـراد، فالتـربية الحسنـة تُضفـي على الإنسـان أخلاقـاً عاليـاً، ومثـاليـّة جميلـة.
3.           خـطّ الدفـاع الأول والأخيـر في وجـه كلّ الشـرور التي تعـاني منهـا المجتمعـات المختلفـة، فكلمـا ارتفـع مستـوى التربيـة، كلمـا ارتفـع مستـوى الأخـلاق، ممّـا ينعكـس بشـكل إيجـابي ّعلى مستـويات الجـرائم في المجتمعـات والـدول؛ فالمجتمعـات الأخلاقيّـة تنخفـض فيهـا الجرائم بشكل كبيـر.
4.           تجعـل الفـرد قادراً على العـطاء والبـذل بشـكل أكبـر، فالذي ينـال قـدراً عاليـاً من التـربية يكـون على قـدرة عاليـة من الإحسـاس بغيـره من النـاس الذي يعـانون الأمرَّيـن بسبب المشـاكل التي تعتـرضهم، فتـراه يسـاعد هـذا، ويأخـذ بيـد ذاك بكل صمت وهـدوء.

5.           تـرفع من سويـة الإنتـاج والعمـل في الدولـة، فالدولـة التـي يعيـش على أراضيهـا مواطنـون صلحـاء، لن تـعرف التراجـع؛ فـكلّ أيّـامها ستكـون عبـارة عن درجـات لسلـم الرقـي والرفـعة، وليـس على سلم الهبـوط والانحـطاط.

Pentingnya Pendidikan bagi Individu dan Masyarakat
Pendidikan merupakan unsur paling penting dan paling efektif, baik bagi individu ataupun masyarakat, baiknya individu berimbas pada baiknya suatu masyarakat, karena masyarakat merupakan suatu istilah dari kumpulan individu-individu yang saling terkait satu sama lain dengan hubungan yang penting dan beragam. Pendidikan yang baik memiliki urgensi yang banyak dari berbagai aspek, diantaranya:
1. Dapat membantu meningkatkan kebagusan akhlak, mampu bergaul dengan sesama manusia atas dasar mereka sebagai manusia, bukan atas dasar yang lain, yaitu mengangkat dan menghormati nilai-nilai kemasyarakatan secara keseluruhan, memperbaiki penampilan dan etika mendengarkan di depan yang lain.

2. Dapat membuat seseorang menerima dan menghormati yang lain, pendidikan yang baik dapat menjadikan seseorang memiliki akhlak yang luhur dan menjadi teladan yang baik.

3. Dapat menolak dari segala perbuatan keji, yang hal itu akan membantu berbagai lapisan masyarakat. Setiap kali pendidikan seseorang meningkat maka akhlaknya akan semakin bagus, begitu juga sebaliknya, pendidikan yang buruk dapat mengakibatkan terjadinya kejahatan dalam lingkungan masyarakat dan negara, sebuah masyarakat yang penduduknya memiliki akhlak yang baik tentu di dalamnnya kejahatan-kejahatan akan banyak terminimalisir.

4. Dapat menjadikan seseorang menjadi deremawan, seseorang yang meraih pendidikan tinggi ia akan mampu berempati terhadap sesamanya, membantu masalah-masalah masyarakat, kamu akan lihat ia membantu hal ini, ia bekerja atas sesuatu dengan tangannya sendiri tanpa pamrih.

5. Dapat meningkatkan produksi dan performa suatu negara, negara yang penduduknya berbudi tidak akan mengalami kemerosotan, bahkan setiap harinya kedamaian akan meningkat bukan kemunduran dan degradasi.

هـذه الأهمّيّـة للتربيـة لن تبـرز في البيئـات التـي تعـاني من عـدم تحمـل الأفـراد لمسؤليـاتهم؛ فالتـربية الحسنـة وظيفـة مشتـركة بيـن كافّـة أفـراد المجتمـع، تبـدأ التـربية من المنـزل فهـو حجـر الأسـاس الذي يُبنـى عليـه، فلـو كان البـيت صالحـاً كان الفـرد صالحـاً، وبـعد ذلك تأتـي المـدرسة، والأقـارب، والجيـران، والشـارع، فـكلّ هذه العنـاصر هامّـة جـدّاً في عمليّـة التربيـة؛ إذ إنّ كل واحد منهـا يؤثّـر بطريقتـه الخاصّـة على الفـرد ويكسبـه قيمـاً معيّنـة، ومن هنا فإنّـه يمكـن القـول أنّ التـربية الحسنـة لو سـادت وانـتشرت بين الجميـع لخـرج أفـراد صالحـون، فلـو حدث نقـص في مـكان ما يتـمّ تعـويضه من مكان آخر وهـكذا.
Itulah pentingnya pendidikan yang tidak akan bisa muncul dalam lingkungan masyarakat tanpa adanya tanggung jawab dari setiap individu. Pendidikan yang baik merupakan tugas bersama setiap individu. Pendidikan dimulai dari rumah karena ia merupakan tonggak pokok yang dapat dibangun di sana, jikalau pendidikan di rumah bagus niscaya individu akan bagus; selanjunya pendidikan di sekolah, keluarga atau kerabat, tetangga dan lingkungan; semuanya itu merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pendidikan, seluruhnya saling mempengaruhi dengan caranya sendiri dan memperoleh nilai tertentu terhadap individu. Dari sini dapat dikatakan bahwa jika pendidikan yang baik dapat mendominasi dan tersebar secara luas akan menghasilkan individu-individu yang baik, jika itu dapat terealisasi dalam suatu masyarakat yang perlu adanya perbaikan maka perbaikan-perbaikan di tempat lain akan dapat berkurang.

Demikian uraian mengenai Contoh Artikel Bahasa Arab tentang Pendidikan dan Artinya, semoga bermanfaat.

2 comments for "Artikel Bahasa Arab Tentang Pendidikan Dan Artinya"