Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Fasilitas Umum dan Artinya



Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan Cerita Tentang Fasilitas Umum dalam Bahasa Arab.

Tiap hari kita sering menyaksikan bahkan menggunakan fasilitas-fasilitas umum yang tersedia di sekitar kita, nah bagi pembelajar bahasa Arab mesti tau nih bahasa Arabnya, dalam bahasa Arab fasilitas umum adalah المرافق العامة, atau bisa juga disebut الأماكن العامة (tempat-tempat umum), kedua-duanya masih serupa kok, dalam artian sama saja.

Mesti mahir juga dalam menceritakan fasilitas umum dalam bahasa Arab, karena insya adalah salah satu kemahiran yang mesti dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab.

Nah di bawah ini Admin akan kasih contoh cerita fasilitas umum dalam bahasa Arab. Jadikan artikel atau teks bahasa Arab tentang fasilitas umum ini sebagai media pembelajaran yaa sahabat.

Berikut di bawah ini contoh cerita bahasa arab tentang fasilitas umum:


المَرَافِقُ العَامّةُ
(Fasilitas Umum)

نُشـاهـدُ أنـواعَ الوسـائـلِ التّـي تقــومُ بتـوفيـرِها الحكـومةُ أو غيـرُهـا للنّـاسِ تسهيـلا لمُمَـارسـة أعمـالِهـم. وَمـن أهـمِّ هـذه الوسـائـلِ هـي:
Kita sering menyaksikan berbagai sarana yang dibangun pemerintah atau pihak lain kepada orang-orang guna memfasilitasi berbagai pekerjaan mereka, diantara sarana-sarana paling penting tersebut adalah:

1.    التَسْهِيلاتُ الاجتماعيّةُ
التّـي يتِـمّ توفيــرُهـا لمصـالحهـم الاجتمـاعيّـةِ مثـل المـدارس والمُستشفيـات ودور العبـادة.
1. Fasilitas Sosial
Fasilitas ini disediakan untuk kepentingan sosial orang-orang, seperti sekolah, rumah sakit dan tempat ibadah.

2.    التسهيلات العامّة
التـي يتـمّ توفيـرهـا لمصـالح النّـاس جميعـا، مثـل الشـوارع والإنـارة الكهربيـة.
2. Fasilitas Umum
Fasilitas ini disediakan untuk kepentingan semua manusia, seperti jalan raya dan penerangan listrik, .

وفـي جـاكـرتـا نستطيـع أن نشـاهد بعـض المـرافق العـامّة من فـوق البرج القـوميّ، ننـظر فـي المنظـار أشيـاء كثيـرة، هنـاك مسجـد الاستقــلال وغيـره من المســاجد التـي ترتفـع مآذنهـا إلى السّمـاء. وهنـاك شـوارع تـزدحم بـآلات المـواصـلات. وهنـاك جسـور يمـرّ فوقـه النّـاس وجسـور أخـرى تمـرّ عليهـا السّيّــارات.
Di Jakarta kita bisa melihat beberapa fasilitas umum dari atas Monas, melalui teleskop kita dapat melihat berbagai hal, ada Masjid Istiqlal dan masjid-masjid serupa yang menaranya menjulang ke langit, ada jalan raya yang penuh sesak dengan berbagai alat transportasi, ada juga jembatan yang dilalui orang-orang dan jembatan lain yang dilewati mobil-mobil.

وعلـى جـانِبَـي الشـوارع أرصفـة، يمشـي عليهــا المشـاة تلك إشـارة المـرور في الطّريـق وهي تنظّـم المـرور. ونستطيـع أن ننظـر في المنظـار المبـاني الضّخمـة الكثيـرة، منهـا قصـر الرئـاسـة ومبـاني الـوزارات والمحـلّات التّجـاريّـة.
Di kedua sisi jalan terdapat trotoar yang digunakan para pelajan kaki, di sana terdapat tanda lalu lintas guna mengatur lalu lintas. Kita juga dapat melihat bangunan-bangunan besar melalui teleskop, seperti istana kpresidenan, gedung-gedung kementerian dan pusat-pusat perbelanjaan.

ومـن أهـمّ المـرافـق العـامّــة الكهـربـاء، والكهـربــاء تجعـل العمـل سهـلا، نستعمـل الكهـربـاء لأغـراض مختـلفـة: نغسـل المـلابـس فـي غسّـالات كـهربـائيّـة، ونطبـخ الطّـعـم بالكـهربـاء. والـرّاديـو والتـلفزيــون بالكهـربـاء، والإضـاءة بالكـهربـاء، وتنظيـف الأرض والسّجـاجيــد بالكـهـربــاء. الكـهربـاء مهمّـة جـدّا فـي حيـاتنــا، إذا انقطعــت الكهـربـاء تعطّــل كـلّ شـيء.
Diantara fasilitas umum yang paling penting ialah listrik, listrik membuat pekerjaan menjadi mudah, kita menggunakan listrik untuk berbagai keperluan, diantaranya mencuci pakaian di mesin cuci, memasak makanan dengan listrik. Radio dan telpon pun menggunakan listrik, penerangan menggunakan listrik, membersihkan lantai dan karpet menggunakan listrik. Listrik begitu penting dalam kehidupan kita, jika listrik mati semua hal akan terganggu.

Post a Comment for "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Fasilitas Umum dan Artinya"