Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pidato Bahasa Arab Tentang Pergaulan Bebas Remaja dan Artinya

pidato bahasa arab pergaulan bebas remaja

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan pidato bahasa arab singkat tentang pergaulan bebas.

Melihat fenomena sekarang begitu maraknya pergaulan bebas diantara remaja dan muda-mudi kita, hal ini amat sekali disayangkan, karena justru seharusnya remaja dan generasi muda dihabiskan untuk mencari ilmu dan wawasan, sebab mereka adalah masa depan dan tonggak kemajuan bangsa.

Nah disini Admin akan kasih contoh teks pidato bahasa arab tentang pergaulan bebas, ini bisa dijadikan latihan dalam pidato, kultum, ceramah ataupun juga khutbah, karena isinya penuh dengan nasihat dan hikmah.

Berikut di bawah ini pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang pergaulan bebas:

السّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه.

الْحَمْـدُ للهِ الَّـذِيْ أَنْعَمَـنَا بِنِعْمَـةِ اْلإِيْمَـانِ وَاْلإِسْـلاَمِ. وَنُصَلِّـيْ وَنُسَلِّـمُ عَلَى خَيْـرِ اْلأَنَـامِ سَيِّدِنَـا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِيْـنَ، أَمَّـا بَعْـدُ.

قـال الحكيـم أن الطفـولة قـوةٌ لا عقـل لهـا وأن الشيخـوخة حكمـةٌ لا قـوة لها، والشبـاب يجمع الاثنيـن القـوة والحكمـة.

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة، سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة، سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة، وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ.

أوَلا، هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعالى عَزَّ وَجَلَّ، الَّـذِيْ أَعْـطَـانَا نِعَمِهِ وَمِنَـنِـهِ حَتَّى نَسْتَـطِيْـعَ أَنْ نَجْـتَمِعَ فِي هَـذَا الـمَكَـان الـمُبَـارَك.
ثانيـا، نُصَلِّي وَنُسَلِّمُ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَـلىَ الِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِـيْـنَ.

Ketua panitia yang saya hormati, kepala sekolah dan guru-guru, serta sahabat-sahabat yang saya cintai.

Pertama-tama mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat dan anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang diberkahi ini.

Kedua kita ucapkan shalawat dan salam kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW., juga kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya.

أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الكِرَام
أقوم أمامكم للبَحْثِ عنْ "الإِخْتِلاَط الحُرّ".
كما عرفنا أن الآن كثير من الإعلانات التي تعرض وتبحث عن الإِخْتِلاَط الحُرّ أو المعاملة الحرية  فهذا يجعلنا كالوالدِين مُضْطَرِبا مُتَمَلْمِلا، لأن في كل يومنا لا نقدر على إِشْرْفِ أولادِنا، فالأحسن نساعد أن نعطي التَوْجِيْهات في كل يوم لأولادنا. فذلك لأن الإِخْتِلاَط الحُرّ متساوي كما مسائل أخرى أي وجود أسبابه.
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Saya berdiri di depan kalian akan membahas mengenai “Pergaulan Bebas”.
Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang-sekarang ini banyak media yang menayangkan dan membahas mengenai pergaulan bebas. Hal ini tentu membuat kita sebagai para orang tua cukup resah dan gelisah. Karena setiap harinya kita tidak bisa mengontrol pergaulan anak kita, maka alangkah lebih baiknya kita membantu memberikan arahan kepada mereka di setiap harinya. Karena pergaulan bebas ini sama seperti kasus-kasus yang lain, yakni ada penyebab-penyebabnya.

أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الأحبّاء
أما من العوامل التي تجعل ظهور هذا الإِخْتِلاَط الحُرّ هي نقصان حبنا ورحمتنا وتوجيهاتنا كالوالدين للأولاد. وليست هذه فحسب، فأصدقائهم، وبيأتهم واستعمالهم للإنترنت بلا جيد من العوامل التي تُشَكِّلُ على ذلك الإِخْتِلاَط الحُرّ. إذا لا نَحِلُّ على هذه العوامل فأولادنا يَتَرَدُّون عليه. فلا حَيْرة إذا حمل أولادنا إلى مَغَبَّة سلبية في وقت لاحق بسبب اِخْتِلاَطهم الحُرّ الذي يفعلون الآن. ومن مَغَبَّات السيئات مثل مدمن للمخدرات وشرب الكحول وارتكاب الجرائم وغيرها.
Hadirin yang saya cintai
Adapun diantara faktor-faktor yang menjadi munculnya pergaulan bebas ini antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari kita selaku orang tua terhadap anak-anak. Tak hanya itu saja, teman serta lingkungan yang buruk, dan penggunaan internet yang tidak bijaksana pun juga menjadi salah satu faktor terjadinya pergaulan bebas. Apabila faktor-faktor tersebut tidak kita atasi, maka anak-anak kita akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas tersebut. Tak heran jika nantinya anak-anak kita harus menanggung konsekuensi negatif sebab dari pergaulan bebas yang mereka jalani sekarang ini. Diantara konsekuensi negatif tersebut ialah semisal kecanduan obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, melakukan tindakan kriminal, dan lain sebagainya.

فلذلك، نحن كالوالدين على الأحسن أن نساعد على منع تلك المسائل من خلال الجهود المختلفة. ولا نعطي لهم التوجيهات فحسب، بل علينا أيضا أن نعطي حبنا بالكافي حتى لا يبحث أولادنا عن اهتمام مفرط في الخارج ويجنبون على الأعمال السلبية. فبإعطاء الاتجاه والتعليم الصحيح من المأمول أن يتمكن أولادنا من تجنب الاختلاط الحر، وبالإضافة إلى ذلك، فإن إدخال الأولاد إلى الأصدقاء وبيئة جيدة أمر يستحق القيام بنا. نهتم بهم لأنهم من جيل الشباب والمراهقة فلهم دورٌ هامٌ في بناء المجتمع والبلاد، قال الحكيم: أن الطفـولة قـوةٌ لا عقـل لهـا وأن الشيخـوخة حكمـةٌ لا قـوة لها، والشبـاب يجمع الاثنيـن القـوة والحكمـة.
Oleh karena itu, kita selaku orang tua ada baiknya dapat membantu untuk mencegah hal-hal tersebut dengan berbagai upaya. Tak hanya memberikan arahan kepada anak-anak kita saja, kita juga harus memberikan kasih sayang yang cukup sehingga anak-anak kita tak perlu mencari perhatian berlebihan di luar sana dan terhindar untuk melakukan tindakan negatif. Dengan memberikan pengarahan dan pendidikan yang tepat, diharapkan anak-anak kita nantinya akan mampu menghindari pergaulan bebas. Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga mesti untuk dilakukan. Kita perhatian kepada mereka karena mereka adalah diantara generasi muda, mereka punya peran besar dalam membangun masyarakat dan bangsa. Seorang bijak pernah berkata: “Anak-anak memiliki kekuatan tetapi belum punya akal yang cukup, orang tua punya kebijaksanaan tetapi tak lagi sekuat sewaktu muda, tetapi pemuda dua-duanya terkumpul, mereka punya kekuatan dan akal yang cukup”.

كَفَى بِهذا كلامي عن الإِخْتِلاَط الحُرّ، شُكرا جزيلا لِحُسْنِ اهْتمامكم، والله الموفّق إلى أقوم الطّريق، والسّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه..
Demikian pembicaraan saya mengenai Pergaulan Bebas, terimakasih banyak atas perhatiannya, “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya”.

Demikian uraian mengenai pidato bahasa arab tema pergaulan bebas, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

3 comments for "Pidato Bahasa Arab Tentang Pergaulan Bebas Remaja dan Artinya"

  1. Maaf apakah ada versi pidato bahasa arab tentang pergaulan bebas yang ada syakalnya?

    ReplyDelete
  2. bahasa latinnya ka,sya mau belajar menghafalnya,🙏🙏🙏
    sya tertarik

    ReplyDelete